Arsip Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

SHARE IS MY POWER

Blog Ini kami Bangun untuk semua Pendidik dan Pelajar yang tak henti mencari ilmu.. semoga bermanfaat...

Setelah sebulan ditempa oleh lapar dan dahaga di dalam bulan ramadhan, kita bersuka cita di hari lebaran saatnya untuk bermaaf-maafan untuk mencapai hati yang baru kembali. Hikmah yang dapat diambil dari puasa kemarin seyogyanya kita dapat mengendalikan diri dari :

Penyakit hati : CINTA DUNIA

NAFSU PERUT = NAFSU SEKS

DENGKI & DENDAM

SOMBONG --à AMARAH

A. Dunia bagaikan perempuan “tua renta buruk rupa” yang berhias untuk mengelabui manusia dengan penampilannya.

dunia-maya1Ala bin Ziyad berkata, Aku bermimpi mendapatkan seorang wanita tua renta yang giginya sangat besar dan kulitnya keriput.Dia memakai segala macam perhiasan dan orang-orang mendekatinya.Mereka terpesona olehnya.Lalu aku datang menghampirinya dan menatapnya.Aku heran mengapa mereka sampai memandanginya dan menyambutnya dengan hangat.Aku bertanya kepadanya.”Siapakah engkau?” Wanita tua renta itu menjawab, “Akulah dunia”.Aku berkata, “Aku berlindung kepada Allah dari syirik”.Dia berkata, “Jika engkau hendak berlindung dari kejahatanku, bencilah dinar dan dirham”.

B. Sesungguhnya perut adalah sumber nafsu itu, sekaligus merupakan asal mula semua malapetaka.sedangkan nafsu seks___ yang bersifat birahi__hanya mengikuti nafsu perut.

0901-58

Lukman berkata kepada anaknya, “Wahai anakku, bila lambung penuh, akan sempitlah pemikiran dan tumpulah hikmah serta anggota pun akhirnya enggan untuk ibadah”,

Rasulullah bersabda, “Wahai para pemuda hendaklah kalian menikah.Barang siapa yang tidak sanggup menikah, hendaklah dia bepuasa karena di dalam puasa itu terdapat kendali” (HR.Tabrani, Bukhari,Ahmad)

C.D. Dengki dan dendam bisa dikendalikan dengan cara :

1. ilmu

Mengetahui bahwa dengki dan dendam penyakit yang menggerogoti hati dan merupakan bencana bagi agama dan dunianya..

2. Amal

Membebani dirinya dengan sikap dan prilaku yang bertentangan dengan dampak tersebut.Bersikap tawadhu rendah hati,

selalu menyanjung dan memberi serta berbuat amalan ibadah lainnya.untuk mencapai ridha Illahi rabbi.Niscaya orang yang di dengki dendamnya akan luluh hatinya.

E.F Sombong pangkal dari amarah

Sombong adalah salahsatu penyulut kemarahan. Selain penyakit hati yang lain seperti ujub, kemegahan, sendagurau, kesiasian, pelecehan,perdebatan, perselisihan, penghinatan, serta ambisi.


Writed By Martina Sujana

0 komentar

Posting Komentar

Video Pembelajaran

Tanggal dan Waktu

Buku Tamu

Ngobrol Asyik

SMS Gratis

Member